Halaman

Kamis, 24 November 2011

Kucing Bersepatu Boot (Puss in boots) cerita legenda yang berubah

perdana reguler Puss In Boots tayang hari ini. Kalau kucing bersepatu boot yang ini adalah kawan dari Shreek. Padahal pertama kali daya curious sama film ini karena yang saya tahu cerita fairy tale Kucing Bersepatu Boot yang aslinya..  karya Charles Perrauts.. Kog jadi temannya Shreek sih yg diangkat Dreamworks ini ? 

Tapi memang si Puss sohib shreek ini lucu dan punya mata innosen yang tak tertandingi.  



Kalau aslinya sih cerita Puss in Boots 

Si bungsu anak penggiling tepung hanya mendapat warisan seekor kucing, sedang kakak-kakaknya mendapat rumah penggilingan dan keledai. Ia merasa diperlakukan tidak adil. Si kucing menenangkan dengan minta diberi sepasang sepatu bot dan kantong besar. 

Lalu atas usaha si kucing menyamar, anak bungsu tersebut berhasil memiliki sebuah puri dan menikah dengan putri raja. Bahkan ia akhirnya menggantikan menjadi raja—dengan si kucing bersepatu bot sebagai perdana menterinya.


translatornya google, maaf kalau kacaw

Perrault "The Cat Guru, atau Puss di Boots" adalah kisah yang paling terkenal di semua cerita rakyat Barat binatang sebagai pembantu [7]. Namun, kucing penipu itu bukanlah penemuan Perrault itu. [7] Berabad-abad sebelum publikasi dari kisah Perrault yang , Somadeva, seorang Brahmin Kashmir, mengumpulkan koleksi besar cerita rakyat India disebut Katha Sarit Sagara (lit. "Para laut dari aliran cerita") yang menampilkan karakter saham dongeng dan jebakan seperti pedang tak terkalahkan, kapal yang mengisi isinya , dan hewan membantu.Dalam Panchatantra itu (secara harfiah berarti "Lima Prinsip"), koleksi cerita Hindu dari abad kelima Masehi, dongeng mengikuti kucing yang harga jauh lebih baik dibandingkan Puss Perrault sebagai ia mencoba untuk membuat keberuntungan dalam istana raja. [8 ]

Pada tahun 1553, "Constantino Fortunato", sebuah kisah yang mirip dengan "Le Maistre Chat", diterbitkan di Venice pada Giovanni Francesco Straparola di Le Piacevoli Notti (lit. Satu Malam bercanda dari Straparola), [9] buku cerita Eropa pertama untuk menyertakan dongeng [10] Dalam kisah Straparola itu. Namun, pria muda miskin adalah putra dari seorang wanita Bohemian, kucing adalah peri yang menyamar, sang putri bernama Elisetta, dan kastil milik bukan seorang raksasa tapi penguasa yang mudah binasa dalam suatu kecelakaan. Pria muda yang miskin akhirnya menjadi Raja Bohemia [9] Sebuah edisi Straparola diterbitkan di Perancis pada tahun 1560 [7] Banyaknya versi oral setelah kisah Straparola mungkin mengindikasikan sumber lisan untuk kisah,.. Itu juga mungkin Straparola ditemukan cerita [11].

Pada tahun 1634, kisah lain dengan kucing penipu sebagai pahlawan diterbitkan dalam koleksi Pentamerone Giambattista Basile meskipun tidak koleksi kisah atau diterbitkan di Perancis selama masa hidup Perrault itu. Dalam Basile, anak itu adalah anak pengemis bernama Gagliuso (kadang-kadang Cagliuso) yang kekayaan yang dicapai dalam cara yang mirip dengan Puss Perrault itu. Namun, kisah tersebut berakhir dengan Cagliuso, di terima kasih kepada kucing, menjanjikan peti emas kucing setelah kematiannya. Tiga hari kemudian, kucing itu memutuskan untuk menguji Gagliuso dengan berpura-pura mati dan malu mendengar Gagliuso memberitahu istrinya untuk mengambil kucing mati oleh cakar dan melemparkannya keluar jendela. Si kucing lompatan sampai, menuntut untuk mengetahui apakah ini adalah hadiah janjinya untuk membantu anak pengemis untuk kehidupan yang lebih baik. Kucing kemudian bergegas pergi, meninggalkan tuannya mengurus dirinya sendiri [9] Dalam rendisi lain, kucing melakukan tindakan keberanian, maka peri datang dan ternyata dia ke keadaan normal untuk bersama kucing lain..


buku kesayangan waktu masih kecil hiks..

Sedangkan Puss in Boots yang ini (2011)



Petualangan Puss di Boots (Antonio Banderas) bertahun-tahun sebelum bergabung dengan tim Humpty Dumpty (Zach Galifianakis) dan Kitty (Salma Hayek) yang cerdas untuk menculik si terkenal Goose yang memiliki Telur Emas (Golden Eggs)


Ada lagi kucing bersepatu lainnya

Cerita seekor kucing bersepatu bot yang pandai berbicara, menyanyi, dan juga menari

Jaman saya dulu, dongeng anak-anak itu sangat kaya dan klasik, entah mengapa buku dongeng sekarang udah banyak berubah ya.. tidak seperti saya waktu kecil dulu..  ketika nanti saya punya anak pasti ceritanya udah berubah..   mungkin mereka lebih kenal legenda Mc Quinn Cars, toy story atau naruto ketimbang dongeng2 klasik..

kalau pun ada dongeng klasik, tentu ceritanya sudah jadi modern semacam Tangled 
atau princess and the frog

ingat buku dongeng dikala kecil


hii  bukunya sudah dikasihkan ke orang dulu, waktu itu ikhlas ngasih, tapi ko skrg jadi kangen sama bukunyaa 





Tapi tetap dreamworks film animasi-nya selalu memukau, 
sudah terlanjur jatuh cinta dengan karya dreamworks 
How To Train The Dragon 

membuat Puss in Boots yang ini, sayang untuk dilewatkan 

indahnya mengenang masa kecil 

8 komentar:

  1. Bukunya boleh tu,kalo pelemnya mah..ah,anakku ga suka nonton pelem..kecuali yg tayang di tipi,hehehe

    BalasHapus
  2. Jadi inget cerita2 masa kecil..
    Dari HC Andersson..
    Alhamdulillah kesampean nginjekin kaki di HC Anderson Street :)

    BalasHapus
  3. Sama Mb, itu semua jg buku2 sy waktu kecil.. Tp pnyku masih ada.. Skrg udh dicetak ulang qo, bs dibeli di Grame..
    ◦✽ tεπğĸĭυ ✽◦

    BalasHapus
  4. wa ah iya mbak, buku masa kecil bagus bagus mba'

    wew mantep mbak bukunya masih ada sampai skrg, :amaze:

    BalasHapus
  5. review Puss in Boots bagus Lucu dan Kucing banget.. recommended!
    yang blm nonton kudu masupin ke wishlist nih, unyu unyuuu

    BalasHapus
  6. Hihihi
    Sekarang cerita klasik memang udah banyak berubah yaa? Terutama cerita yang dibuat ulang oleh Disney :)
    Tapi emang sih cerita fairy tale yang asli kadang rumit dan sadis ga cocok sama anak2.
    Misal cerita snowwhite yang konon ibu tirinya itu ibu kandung snowwhitenya sendiri, plus akhir yg brutal di mana sang ibu dihukum dengan dipakaikan sepatu panas membara dan menari kepanasan hingga mati.
    Begitu juga cinderella, kisah aslinya ada adegan sadis dimana saat pangeran mencari kaki yang cocok untuk sepatu kaca 2 orang saudari cinderella rela memotong jari2nya dan meremukan tulang2 kakinya demi bisa pas dengan sepatu kaca (tapi keduanya gagal dan cinderella tetap menikah dgn pangeran).
    Juga alladin yang kisahnya lumayan rumit dan berbelit2 untuk bisa dimengerti anak2.
    Thanks to Disney yang udah membuat kisah2 itu menjadi indah dan simple. Hihihi ;)

    BalasHapus
  7. wah mbak hilda, saya malah baru tau kalau aslinya dongengnya sadis hihihihi

    kalau bener aslinya begitu, anak jaman dahulu mental-nya pada kuat2 pastinya =D
    la dicekokin cerita kejam gitu =D

    BalasHapus
  8. kalo ajaran jaman dulu, anak2 diajarinnya utk ditakutin..contoh : kata guru agama kalo ga shalat nanti msk neraka, ato ga kl ga tidur digigit nyamuk,etc..

    BalasHapus

Layout by MyCandyThemes.com Powered By blogger.com